Spanyol Chile Lolos

Prediksi Jerman vs Inggris, Timnas Spanyol berhasil lepas dari lubang jarum. Terancam tidak bisa lolos ke babak 16 besar, juara Piala Eropa 2008 itu akhirnya berhasil melaju dengan status jawara Grup H. La Furia Roja, sebutan timnas Spanyol menjadi pemuncak Grup H setelah di pertandingan pemungkas kemarin dini hari menang 2-1 atas Chile. Dua gol kemenangan Spanyol dicetak David Villa menit ke-24 dan Andres Iniesta menit ke-37.

Jerman vs Inggris, Satu gol Chile dikemas Rodrigo Millar menit ke-47. Di laga penentuan ini Spanyol diuntungkan dengan kartu merah Marco Estrada menit ke-37. Meski kalah, Chile tetap lolos ke babak knock out. Sebab di pertandingan lain di grup yang sama Swiss hanya bisa bermain seri 0-0 melawan Honduras. Jika bisa menang dengan selisih dua gol, Swiss yang berhak tiket ke babak 16 besar.

Namun, lolos dengan status jawara grup tak lantas membuat Spanyol lega. Sebab, meski terhindar bentrok dengan jawara dunia lima kali, Brazil, yang menjadi juara Grip G, di babak 16 besar Spanyol tetap akan mendapat lawan berat. Yaitu Portugal yang diperkuat pemain-pemain hebat. Antara lain pemain terbaik dunia 2008, Cristiano Ronaldo.

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque mengaku dirinya merasa tidak beruntung tidak bertemu Brazil. Del Bosque mengatakan, meski memiliki Ronaldo, kekuatan Portugal tidak hanya bertumpu pada bintang Real Madrid itu. "Konsesntrasi saya tidak Ronaldo. Timnas Portugal yang menjadi konsentrasi saya," kata Del Bosque. "Kami sudah melihat hari ini (kemarin-Red) bagaimana mereka mengontrol pertandingan saat melawan Brazil.

Mereka (Portugal) mampu menekan Brazil dengan serangan balik mematikan. Portugal kini menjadi tim yang sangat tangguh. Karena itu saya tidak puas menerima kenyataan kami harus bertemu Portugal dari pada melawan Brazil. Kedua tim itu sangat bagus," sambungnya. Selama babak penyisihan grup, performa Portuigal memang lebih meyakinkan dibading Spanyol.

Datang dengan status unggulan, Spanyol sempat ketir-ketir ketika di laga pertama kalah 1-0 dari Swiss. Tapi di laga kedua La Furia Roja bangkit dengan menang 2-0 atas Honduras. Sedangkan Portugal yang harus melawati babak playoff untuk sampai ke Afsel tak terkalahkan selama penyisihan grup. Seleccao, sebutan Portugal menjadi tim yang memiliki catatan gol terbaik.

Yaitu mencetak tujuh gol dan belum sekalipun kebobolan. Selain menempatkan diri di babak 16 besar Spanyol juga menempatkan salah satu strikernya, David Villa, menjadi salah satu kandidat top scorer Piala Dunia 2010.

Dengan gol jarak jauhnya ke gawang Chile kemarin dini hari, saat ini pemain yang baru saja mencapai deal dengan FC Barcelona itu sudah mengemas tiga gol menyamai torehan Gonzalo Higuain (Argentina) dan R. Vitek (Slovakia). "Gol David (Villa) sangat penting bagi kami. Gol itu datang di saat sulit ketika kami tidak menemukan permainan terbaik," paparnya.

Sementara itu, meski lolos Chile tetap kecewa karena target kemenangan 100 persen di babak penyishan grup gagal diwujudkan. "Kami loloske babak 16 besar, tapi kami sudah dikalahkan. Jadi, ada dua perasaan berbeda yang kami alami. Senang juga sedih. Kami berhasil lolos ke babak berikutnya tapi tidak bisa merayakannya dengan sempurna setelah kekalahan itu," kata Marcelo Bielsa, pelatih Chile.

Menurut Bielsa, kartu merah yang diterima Estrada menjadi faktor utama kekalahan timnya. "Sebelum Estrada di kartu merah, kedua tim memiliki penguasaan bola dan peluang yang sama. Setelah itu, pertandingan jadi berbeda," ungkap pelatih asal Argentina itu. Sementara itu, Swiss gagal memanfaatkan kesempatan saat bertemu Honduras.

Mereka hanya mampu bermain imbang tanpa gol, meski peluangnya cukup terbuka jika bias menang dengan selisih 2 gol. Dengan hasil ini, Swiss dipastikan gagal melangkah ke babak 16 Besar. Duel antara Swiss melawan Honduras dipanggungkan di Free State Stadium, Sabtu (26/6/2010) dinihari. Di babak pertama pertandingan terasa datar namun memasuki paruh kedua permainan lebih atraktif dan menghasilkan banyak peluang dari kedua kubu.

Akan tetapi peluang tersebut tidak ada yang berhasil di konversi menjadi gol dan pertandingan pun berakhir dengan tanpa gol. Dengan hanya meraup satu poin, Swiss kini finis di urutan tiga klasemen dengan nilai empat dan praktis gagal melaju ke babak perdelapan final menyusul Honduras yang sudah lebih dulu tersisih.

0 comments: